Situs Surocolo, Gua Petilasan Masa Hindu

Posted on April 18, 2008. Filed under: obyek wisata | Tags: , , , |

Terletak di dusun, Poyahan, Seloharjo Pundong , Bantul. Di situs ini terdapat sendang Surocolo dan tiga buah gua yaitu Gua Surocolo, Gua Tawas, dan Gua Penek. Di sekitar situs ditemukan pula arca Mahakala, Jaladwara, batu-batu candi dan batu- batu Prasasti. Gua Surocolo merupakan peninggalan masa Hindu yang berlanjut sampai masa Islam. Tinggalan masa Hindu yang dapat diketahui dengan ditemukannya arca-arca di sekitar situs.

Pada tahun 1976 telah ditemukan area perunggu yang sekarang di kantor BP3 Yogyakarta. Pada masa Islam gua ini digunakan sebagai tempat istirahat Sunan Amangkurat Mas dari kejaran tentara Belanda. Ruangan Gua kosong berukuran (2 x 2,5 m) . Dahulu di tempat ini terdapat prasasti batu yang telah di bawa ke museum Jakarta Prasati tersebut berisi Kronogram yang berbunyi: Krtining pannembah winayang hing ratu – 1624. Di depan gua Surocolo terdapat sebuah prasasti dari batu andesit berukuran 51 x 24,5 x 12 cm.

Prasati im pecah menjadi dua tetapi masih terlihat gambar wayang Bhatra Gana dengan belalai mengangkat ke dua belah tanganya keatas untuk mendukung wadah yang berisi air.

Sumber

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

